Dirut PT AP I pastikan kemudahan akses transportasi menuju YIA

Moda transportasi sudah kami siapkan dengan berbagai pilihan

Yogyakarta (ANTARA) – Direktur Utama PT Angkasa Pura (AP) I, Faik Fahmi memastikan kemudahan akses transportasi dari Kota Yogyakarta menuju Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulon Progo yang akan beroperasi secara penuh pada 29 Maret 2020.

“Moda transportasi sudah kami siapkan dengan berbagai pilihan,” kata Faik, di Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Rabu.

Menurut Faik, moda transportasi umum berupa bus telah disiapkan menuju YIA dengan waktu keberangkatan setiap 30 menit di sejumlah titik di Yogyakarta. Demikian pula dengan kereta api, menurut dia, telah disiapkan menuju YIA setiap satu jam sekali.

“Jadi banyak kemudahan yang nanti akan kami siapkan. Dan masalah akses mudah-mudahan sudah siap dengan harga yang bagus, misalnya menggunakan bus sekitar Rp25 ribu, jadi sangat terjangkau,” kata dia.
Baca juga: Pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta capai 94 persen

Selain kemudahan akses, menurut Faik, pihaknya juga telah menyiapkan beberapa kemudahan lainnya, seperti penyediaan layanan city check-in penerbangan YIA. Layanan itu akan disediakan di sejumlah lokasi, di antaranya di Stasiun Tugu, di Ambarketawang, dan di Bandara Adisutjipto.

“Jadi orang tidak perlu ke Bandara YIA dulu baru check-in, nanti di Stasiun Tugu bisa check-in, di Ambarketawang bisa check-in, di Adisutjipto bisa check-in juga,” kata dia.

Faik memastikan operasional penuh YIA akan secara resmi dilakukan pada 29 Maret 2020. Saat ini, telah memasuki tahap finalisasi untuk mempercantik tampilannya.

Selain itu, seluruh penerbangan yang ada di Bandara Adisutjipto juga akan dipindahkan ke YIA, kecuali untuk penerbangan dengan pesawat baling-baling.

Menurut dia, tak sedikit maskapai penerbangan mancanegara yang telah menjajaki layanan penerbangan langsung ke YIA.

“Karena pesawat berbadan besar sudah bisa mendarat juga, nanti diharapkan tentu saja lebih banyak penerbangan asing yang beroperasi di situ dengan menggunakan pesawat besar,” kata dia lagi.
Baca juga: Dispar DIY berharap ada penerbangan langsung Dubai-Yogyakarta

 

Pewarta: Luqman Hakim
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Sumber: Antaranews.com

Topic:

Just For You