5 Kegiatan yang Bikin Liburan Kurang Memuaskan, Kerap Jadi Pembenaran!

Liburan jadi ajang pelepas penat yang paling ditunggu-tunggu, terutama saat kamu sudah menantikan liburan tersebut sejak lama. Namun, jangan sampai ajang liburan yang semestinya menimbulkan kesan baik malah cenderung kurang maksimal lantaran melakukan beberapa hal ini secara berlebihan. Apa saja itu?

1. Membawa perlengkapan yang tidak perlu

Meskipun kamu dihadapkan pada keinginan membawa barang-barang yang dirasa perlu, cobalah untuk meminta pendapat orang lain apakah benda tersebut benar dibutuhkan atau sekadar prakiraan saja.

Nggak hanya berlaku pada benda, hal ini juga berlaku pada baju yang dibawa. Seringkali kita terlalu menuruti ego untuk membawa berlapis-lapis baju padahal tidak semua yang kita angkut di koper akan dipakai. Jangan sampai ajang liburanmu malah merepotkan lantaran terlalu banyak jinjingan dan koper bertebaran di sekitarmu.

2. Tidak menyiapkan budget dengan matang

5 Kegiatan yang Bikin Liburan Kurang Memuaskan, Kerap Jadi Pembenaran!

Ada beberapa macam budget yang harus disusun sebelum kita bepergian, selain budget keseluruhan, ada pula budget oleh-oleh dan budget untuk jajan. Jangan terlalu santai dengan mengandalkan kartu debit atau kredit, sebab bisa saja tempat yang kamu kunjungi hanya menerima pembayaran cash. Pastikan pula bahwa kamu menggunakan uang tersebut dengan bijak. Bukan karena ingin diakui orang bahwa kamu wah dan mampu.

3. Menyimpan barang penting di sembarang tempat

5 Kegiatan yang Bikin Liburan Kurang Memuaskan, Kerap Jadi Pembenaran!

Jalan-jalan ke mana saja, baik dalam maupun luar negeri bukan berarti kamu bisa sembarangan menyiapkan banyak hal. Kadang kala, karena terlalu sibuk mengurusi hal lain, kita justru lalai meletakan dokumen dan barang-barang penting di sembarang tempat. Sebut saja passport, dompet, dan identitas lainnya, sehingga dengan menaruhnya asal, sewaktu kamu membutuhkannya, kamu akan mudah lupa dan gampang panik saat belum ditemukan.

Pastikan bahwa dokumen kamu disimpan dengan apik di satu tempat yang mudah dijangkau namun tetap dalam pengawasan agar fokus kamu nggak terbagi, antara menikmati liburan dan mengingat-ngingat di mana menyimpan dokumen.

4. Terlalu fokus dengan gadget

5 Kegiatan yang Bikin Liburan Kurang Memuaskan, Kerap Jadi Pembenaran!

Kesalahan yang selalu dilakukan berulang kali adalah tidak menikmati liburan dengan waktu yang dimiliki.

Berbagi potret saat tengah liburan memang tidak ada salahnya, namun jika setiap waktu kamu terus menerus mengabadikan hal tersebut dalam media sosial, fokusmu dalam suasana liburan akan gampang pecah. Antara panik tidak meng-upload instastory dan sibuk mencari charging untuk gadget yang mulai mengalami low battery. Maka dari itu, berbagi dengan cukup dan nikmati apa yang ada di depan matamu. Jangan sampai liburan itu jadi sia-sia hanya karena kamu tidak bisa lepas dari kebutuhan konten.

5. Terobsesi untuk berbelanja setiap waktu

5 Kegiatan yang Bikin Liburan Kurang Memuaskan, Kerap Jadi Pembenaran!

Membeli oleh-oleh untuk orang lain dan diri sendiri merupakan sebuah hal yang lumrah dilakukan. Hanya saja apabila kamu melakukan hal tersebut secara berlebihan, maka itu tidak lagi bisa diwajarkan. Apalagi belanjaan yang kamu beli meningkat berkali-kali lipat daripada budget kapasitas yang direncanakan.

Saat sedang berjalan-jalan, kamu cenderung lapar mata akan segala sesuatu yang dipajang dalam toko, jadi kamu tetap harus membedakan mana yang memang perlu untuk dibeli dan mana yang hanya sekadar keinginan mata saja. Kejadian ini juga sering membuat dompetmu terkuras habis tanpa disadari.

Nah, itu dia beberapa hal yang bisa membuat liburan kamu jadi nggak maksimal. Tetap prioritaskan kenyamanan dan kewaspadaan selama liburan ya!

Sumber: idntimes.com

Topic:

    Just For You