5 Danau Indah di Indonesia yang Bisa Berubah Warna, Memanjakan Mata

Indonesia terkenal dengan negara yang memiliki wisata alam dan menyuguhkan panorama alam yang memukau mulai dari pegunungan, pantai, bukit, dan danau sehingga menjadi daya tarik wisatawan lokal maupun mancanegara untuk berkunjung.

Tidak hanya itu di Indonesia juga terdapat wisata alam yang unik dan fenomenal yaitu danau yang airnya bisa berubah warna. Berikut ini danau menakjubkan tersebut.

1. Danau Kalimutu

Siapa yang tidak tahu dengan danau Kalimutu yang terletak di Moni, Flores, NTB ini ? Pastinya masyarakat Indonesia tidak asing lagi dengan danau yang pernah menjadi gambar mata uang kertas Rp5.000 ini. Danau Kalimutu memiliki panorma keindahan alam yang luar biasa. Keindahannya terdengan hingga seluruh dunia. Banyak wisatan yang datang dibuat takjub oleh pesonanya.

Dalam satu kawasan danau Kalimutu ini memiliki terdapat 3 danau indah dengan nama dan warna danau yang berbeda – beda, yaitu danau Tiwu Nuwa Muri Kofai dengan warna danau hijau lumut, Tiwu Ata Polo dengan warna air danau hijau, dan Tiwu Ata Mbupu dengan warna air danau hitam.

Selain menyajikan panoramanya yang indah, ketiga danau di kawasan gunung Kalimutu ini memiliki keunikan yaitu air danaunya yang sering berubah – ubah tanpa bisa diprediksi.

Ada dua pendapat secara mitos dan secara ilmiah mengapa air danau Kalimutu ini bisa berubah. Secara mitos, masyarakat setempat meyakini jika berubahnya air danau karena adanya kekuatan magis yang ada di gunung Kalimutu.

Karena alasan adanya magis yang kuat di wilayah danau Kalimutu, wisatawan diwajibkan untuk bersikap sopan dan baik jika sedang mengunjungi danau ini. Untuk penjelasan secara ilmiah, air danau bisa berubah karena adanya aktivitas vulkanis Gunung kelimutu yang masih memiliki status gunung aktif.

2. Danau Linow

5 Danau Indah di Indonesia yang Bisa Berubah Warna, Memanjakan Mata

Terletak di Sulawesi Utara, tepatnya di Tomohon, daerah yang terkenal dengan pasar tradisionalnya yang ekstrem karena menjual daging hewan buas, terdapat danau epik dengan sajian panorma alam yang aduhai, yaitu Danau Linow. Luas danau ini mencapai 35 hektar dengan kedalamannya mencapai lima meter.

Bukan hanya menyajikan pemandangan alam yang aduhai, danau Linow memiliki keunikan yang juga menjadi daya tarik wisatawan, yaitu air danaunya yang bisa berubah – ubah  warna menjadi tiga warna berbeda yaitu cokelat, hijau, dan kuning.

Air danau Linow berubah bukan tanpa sebab, sebabnya air danau ini mengandung belerang tinggi sehingga membuat warna air danau berubah warna.

3. Danau Telaga Warna

5 Danau Indah di Indonesia yang Bisa Berubah Warna, Memanjakan Mata

Danau unik yang bisa berubah warna sesuai dengan nama danaunya, berasal dari Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah, yaitu danau Telaga Warna. Danau ini sangat populer di kalangan para traveller. Warna air yang disajikan Danau Telaga Warna ini adalah warna hijau lumut, hijau toska, kuning, dan terkadang berwarna-warni bak pelangi.

Perubahan warna pada air danau Telaga Warna ini adalah tingginya tingkat sulfur dalam air. Warna air danau akan berubah ketika sinar matahari menyinari danau Telaga Warna.

Agar bisa melihat keindahan perubahan warna air pada danau, disarankan waktu yang tepat mengunjungi wisata ini adalah di saat musim kemarau.

4. Kawah Putih Ciwidey

5 Danau Indah di Indonesia yang Bisa Berubah Warna, Memanjakan Mata

Terbentuk dari akibat letusan Gunung Patuha, Kawah Putih Ciwidey yang terkenal di Bandung ini adalah danau yang airnya berwarna putih kehijuan dan bisa berubah warna menjadi cokelat susu, hijau apel, dan biru karena dipengaruhi suhu, cuaca, dan belerang yang terkandung dalam air.

Pemandangan di Kawah Putih semakin eksotis ketika kabut asap belerang naik ke permukaan menghiasi Kawah Putih Ciwedy.

5. Danau Linting

5 Danau Indah di Indonesia yang Bisa Berubah Warna, Memanjakan Mata

Danau Linting yang terletak di Deliserdang, Sumatera Utara ini menyajikan pemandangan yang indah, asri, dan teduh karena dikelilingi pohon beringin dan pohon besar lainnya. Warna air danaunya yang berwarna biru tosca dan sangat jernih ini begitu menggoda pengunjung untuk berenang. Akan tetapi pengunjung di sini dilarang untuk berenang karena kedalaman danau yang masih belum diketahui.

Dibalik keindahan dan kejernihannya, air danau Linting bisa berubah warna menjadi biru dan hijau. Perubahan warna pada air danau disebabkan karena kandungan belerang di dalam air danau Linting.

Meskipun aroma belerang yang keluar begitu sedikit menyengat, banyak para wisatawan betah berlama – lama menikmati hawa yang sejuk dan keindahan dari danau Linting.

Danau-danau di atas jadi bukti kalau Indonesia menyimpan keindahan alam yang memesona. Kalau kamu, tertarik untuk berkunjung ke danau yang mana nih?

Sumber: idntimes.com

Topic:

    Just For You