8 Museum Bergaya Rumah Adat Ini Buat Kalian Makin Kenal Indonesia

Di tengah banyaknya museum-museum modern dengan gaya bangunannya yang nyentrik dengan tema kekinian dan cukup instagramable.

Ada pula museum yang gak kalah keren dan bikin kalian makin kenal dengan Indonesia! Karena gaya bangunan beberapa museum berikut ini menyerupai rumah adat di Tanah Air. 

Yuk, intip! Ada museum apa saja ya? Apakah kalian masih ingat dengan sebutan rumah adat di berbagai bangunan museum ini?

1. Museum Adityawarman

Jangan heran jika selama berkunjung ke museum ini kalian akan mendapati koleksi museum seperti akar bahar, pemintal benang tenun, batu kwarsa atau ukiran sikambang manih karena Museum Adityawarman menyimpan beragam koleksi berupa benda-benda arkeologi, seni rupa, etnografika, historika dan masih banyak lainnya.

Menariknya, museum yang berlokasi di Padang, Sumatera Barat ini memiliki gaya bangunan rumah adat khas Minangkabau yaitu Rumah Gadang atau biasa disebut pula Rumah Bagonjong.

2. Museum Huta Bolon Simanindo

8 Museum Bergaya Rumah Adat Ini Buat Kalian Makin Kenal Indonesia

Menjelajahi Pulau Samosir, selain menikmati pemandangan memukau Danau Toba. Kalian wajib untuk berkunjung pula ke Museum Huta Bolon Simanindo yang memiliki gaya bangunan Rumah Bolon, yaitu rumah adat khas suku Batak. 

Di museum nan menawan di Sumatera Utara ini, kalian dapat menyaksikan koleksi berupa benda-benda peninggalan para leluhur seperti artefak Batak, parhalaan, tunggal panaluan dan masih banyak lainnya.

3. Museum Balaputra Dewa

8 Museum Bergaya Rumah Adat Ini Buat Kalian Makin Kenal Indonesia

Pernah melihat gambar pada uang kertas sepuluh ribu? Di mana terdapat rumah adat khas Sumatera Selatan yaitu Rumah Limas pada uang kertas tersebut. Jika kalian ingin melihatnya lagi, berkunjung saja ke Museum Balaputra Dewa di Palembang.

Di museum etnografi ini terdapat beragam koleksi benda-benda bersejarah dari zaman prasejarah, Kerajaan Sriwijaya, Kesultanan Palembang hingga zaman kolonial Belanda.

4. Museum Nekara

8 Museum Bergaya Rumah Adat Ini Buat Kalian Makin Kenal Indonesia

Bentuk bangunan Museum Nekara memiliki gaya Rumah Adat Suku Bugis yang menawan meski hanya disusun dengan kayu kokoh.

Museum Nekara berada di Kabupaten Selayar, Sulawesi Selatan. Memiliki kurang lebih 796 koleksi benda-benda sejarah meliputi peninggalan prasejarah, keramik, antropologi dan masih ada lainnya yang bikin wawasan kalian bertambah.

5. Museum Wasaka

8 Museum Bergaya Rumah Adat Ini Buat Kalian Makin Kenal Indonesia

Wasaka memiliki singkatan dari Waja Sampai Kaputing yang punya arti tetap bersemangat dan kuat bagaikan baja dari awal sampai akhir. Ya, Museum Wasaka yang terletak di Banjarmasin ini memang museum perjuangan rakyat dan pemuda Kalimantan Selatan yang menyimpan pula koleksi benda-benda bersejarah yang totalnya mencapai kurang lebih 400 buah.

Bikin kalian serasa kembali ke masa lalu, bentuk bangunan museum ini memiliki gaya Rumah Adat Banjar atau yang biasa disebut juga dengan nama Rumah Bubungan Tinggi.

6. Museum Ne’Gandeng

8 Museum Bergaya Rumah Adat Ini Buat Kalian Makin Kenal Indonesia

Sejauh mata memandang, kalian akan melihat cantiknya Rumah Tongkonan yang megah dan menawan. Museum dengan bangunan khas suku Toraja ini berlokasi di Toraja Utara.

Museum Ne’Gadeng adalah museum etnografi yang dijadikan pula sebagai tempat penyelanggaraan acara adat. Usai kalian jalan-jalan ke Desa Kese Kete, jangan lupa mampir ke sini juga ya!

7. Museum Gedong Arca

8 Museum Bergaya Rumah Adat Ini Buat Kalian Makin Kenal Indonesia

Bali tidak hanya memiliki alam yang memesona untuk dinikmati setiap keindahannya. Pulau ini juga memiliki banyak sejarah yang ceritanya diabadikan pada museum. Salah satunya adalah Museum Gedong Arca.

Museum yang bergaya seperti rumah adat khas Bali yaitu Gapura Candi Bentar, ini punya koleksi berupa benda-benda arkeologi dari zaman prasejarah hingga zaman sejarah.

8. Museum Soeharto

8 Museum Bergaya Rumah Adat Ini Buat Kalian Makin Kenal Indonesia

Berada di Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, museum yang menyimpan koleksi barang-barang dari mantan Presiden RI ke-2 yaitu Soeharto, ini memiliki bentuk gaya bangunan Rumah Joglo.

Di Museum Soeharto, pengunjung tidak hanya dihibur dengan keberadaan beragam koleksi tapi juga dapat melakukan hal seru lainnya seperti bermain gamelan.   

Itu tadi delapan museum bergaya rumah adat yang bikin kalian makin kenal Indonesia. Apakah hanya itu saja? Masih ada banyak lainnya seperti Museum Galuh Pakuan di Ciamis atau Museum Sadurengas di Kalimantan Timur.      

Yuk, main ke museum! Biar wawasan makin bertambah dan kenal dengan Indonesia.

Sumber: idntimes.com

Topic:

    Just For You