Wisata Edukasi, 6 Museum Ini Wajib Dikunjungi Saat Liburan ke Semarang

Liburan menjadi waktu yang tepat untuk me-refresh diri setelah berbulan-bulan bekerja. Mengunjungi destinasi wisata di luar kota biasanya menjadi pilihan untuk mengisi waktu liburan. Selain untuk tempat bersenang-senang, terkadang kamu juga akan memilih destinasi yang mengandung nilai sejarah dan pengetahuan untuk menambah wawasan.

Salah satu tempat wisata sejarah yang bisa kita kunjungi adalah museum. Museum sendiri merupakan tempat pengoleksian barang-barang berharga atau barang zaman dahulu untuk dipamerkan kepada masyarakat untuk menambah edukasi dan wawasan.

Bagi kamu yang hendak berlibur di kota Semarang, berikut beberapa museum yang dapat kamu kunjungi di sana.

1. Museum Ranggawarsita

Museum Ranggawarsita merupakan museum terbesar dan terlengkap di Jawa Tengah. Berlokasi strategis dekat pusat kota, museum ini tak hanya menyimpan benda-benda peninggalan di kota Semarang saja, melainkan dari berbagai daerah di Jawa Tengah. Pengunjung museum ini akan mendapat banyak pengetahuan dan sejarah mengenai provinsi Jawa Tengah.

2. Museum Lawang Sewu

Wisata Edukasi, 6 Museum Ini Wajib Dikunjungi Saat Liburan ke Semarang

Di bundaran tugu muda di Semarang, terdapat bangunan bersejarah yang cukup terkenal, yakni Lawang Sewu. Dahulu, Lawang Sewu merupakan kantor Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij atau NIS yang dibangun pada tahun 1904. Setelah kemerdekaan, bangunan ini dipakai sebagai kantor Djawatan Kereta Api Repoeblik Indonesia atau sekarang bernama PT Kereta Api Indonesia.

Di Lawang Sewu, kamu bisa melihat gaya arsitektur bangunan zaman Belanda, penjara bawah tanah, dan monumen untuk memperingati para pemuda tanah air yang gugur di Pertempuran Lima Hari.

3. Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI)

Wisata Edukasi, 6 Museum Ini Wajib Dikunjungi Saat Liburan ke Semarang

Museum Rekor Dunia-Indonesia didirikan pada tahun 1990. Museum ini terletak di daerah Banyumanik, Semarang.

Sebelumnya, museum ini berisi rekor-rekor dari anak bangsa. Namun seiring berjalanya waktu, museum ini menghadirkan rekor-rekor yang bukan hanya dari Indonesia, tetapi juga rekor-rekor dunia. Maka, namanya berkembang menjadi Museum Rekor Dunia-Indonesia.

4. Museum Mandala Bhakti

Wisata Edukasi, 6 Museum Ini Wajib Dikunjungi Saat Liburan ke Semarang

Terletak di seberang Lawang Sewu, berdiri sebuah museum militer yang dibangun oleh pemerintah Belanda. Museum Mandala Bhakti merupakan museum perjuangan TNI yang pada tahun 1930 digunakan untuk Raad van Justitie atau Pengadilan Tinggi bagi golongan rakyat Eropa di Semarang. Bangunan ini kemudian dijadikan museum pada tahun 1983.

Museum Mandala Bhakti menyimpan koleksi peralatan militer Indonesia, senjata-senjata yang dipergunakan untuk perang dan foto-foto dari pahlawan Indonesia.

5. Museum Polri

Wisata Edukasi, 6 Museum Ini Wajib Dikunjungi Saat Liburan ke Semarang

Sekitar 5 kilometer dari Lawang Sewu, berdiri kokoh sebuah bangunan museum yang terkenal di Indonesia. Museum Polri (Kepolisian Republik Indonesia) didirikan pada tahun 2004. Museum ini terletak di kawasan kompleks Akademi Kepolisian (AKPOL). Museum ini memiliki koleksi fo-foto bersejarah, senjata ringan dan senjata berat, replika bom bali, pakaian akpol dan masih banyak lagi.

Bagi kamu yang memiliki cita-cita menjadi polisi, kamu wajib belajar banyak hal mengenai kepolisian di museum ini!

6.Museum Kereta Api Ambarawa

Wisata Edukasi, 6 Museum Ini Wajib Dikunjungi Saat Liburan ke Semarang

Museum kereta api Ambarawa adalah sebuah stasiun kereta api yang sudah dialihfungsikan menjadi sebuah museum. Museum ini menjadi museum kereta api pertama di Indonesia, karena sudah dibangun sejak tahun 1873. Berbagai jenis koleksi lokomotif tersedia di museum ini, seperti Lokomotif BB 1012 (tahun 1910) buatan Jerman dan kereta kayu.

Pengunjung juga dapat merasakan perjalanan Ambarawa Mountain Railway Tour menggunakan lokomotif uap maupun lokomotif diesel setiap weekend, loh!

Itulah beberapa museum ada di kota Semarang. Jadi, menurutmu museum mana saja yang menarik untuk dikunjungi?

Sumber: idntimes.com

Topic:

    Just For You