Pembobol Rekening Ilham Bintang Manfaatkan SLIK, Ini Penjelasan OJK

JanEtes – Pembobol rekening wartawan senior Ilham Bintang disebut memanfaatkan Sistem Laporan Informasi Keuangan (SLIK) Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Pelaku juga dikabarkan menjual informasi itu melalui media sosial, Facebook. 

Juru Bicara OJK, Sekar Putih Djarot menjelaskan prosedur untuk mengakses data SLIK. Menurutnya, SLIK hanya berisi data pinjaman dan bukan berisi data terkait dana dalam simpanan. 

“Untuk akses data pinjaman melalui SLIK bisa diminta dengan menunjukkan KTP yaitu NIK atau nama dan tanggal lahir. Hanya bisa diakses pegawai bank yang diberi kewenangan oleh bank sesuai prosedur yang diatur oleh OJK,” kata Sekar kepada VIVAnews, Kamis 6 Februari 2020. 

Baca juga: Polisi Tangkap 8 Pembobol Rekening Ilham Bintang, Dua Pelaku Wanita

Sementara itu, data simpanan ditegaskan merupakan rahasia bank dan tidak boleh diakses selain oleh pemilik rekening simpanan. Atas kejadian ini, dia menegaskan akan diproses secara hukum.

“Penyalahgunaan atas data tersebut akan diproses secara hukum,” katanya. 

Dia juga menjelaskan bahwa SLIK merupakan sistem pelaporan dari Lembaga Jasa Keuangan kepada OJK yang berisi data fasilitas pinjaman debitur dan bukan data simpanan nasabah. 

“OJK akan membantu pihak kepolisian untuk dapat segera mengungkap kasus ini,” tuturnya. 

Diberitakan sebelumnya, salah satu pelaku pembobolan rekening wartawan senior Ilham Bintang, Hendrik, diketahui berperan menjual data nasabah yang menggunakan Sistem Laporan Informasi Keuangan Otoritas Jasa Keuangan atau SLIK OJK. Dia merupakan pegawai bank BPR Bintara Pratama Sejahtera.

Hendrik awalnya ternyata menjual hal tersebut lewat akun Facebook. Di mana hal ini dilakukannya sejak awal 2019. Penjualan dilakukan dengan Facebook guna mendapat peminat.

“Awalnya dia buka akun Facebook jual beli SLIK OJK,” kata Kepala Unit 2 Subdit 4 Kejahatan dan Kekerasan Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Komisaris Polisi Hendro Sukmono, saat dikonfirmasi wartawan, Kamis 6 Februari 2020.

Sumber: Vivanews.com

Topic:

Just For You