Bupati Aceh Besar kirim surat ke Menhub tutup sementara Bandara SIM

Penutupan sementara tersebut tidak terlepas dari pertimbangan adanya pasien yang terpapar Virus Corona,

Aceh Besar (ANTARA) – Bupati Aceh Besar Mawardi Ali menyatakan dirinya telah mengirimkan surat kepada Menteri Perhubungan Republik Indonesia untuk permohonan penutupan sementara Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang, Aceh Besar dalam upaya pencegahan penyebaran Virus Corona di daerah setempat.

“Saya sudah mengirimkan surat kepada Menteri Perhubungan dengan nomor surat 553.1/1296 terkait permohonan penutupan Bandara Sultan Iskandar Muda Blang Bintang Aceh Besar,” kata Mawardi Ali, di Aceh Besar, Sabtu.
Baca juga: 4 kasus positif COVID-19, warga Aceh diminta tingkatkan kewaspadaan

Pernyataan itu disampaikannya terkait surat penutupan bandara yang diajukan ke Kementerian Perhubungan.

Ia menjelaskan penutupan sementara tersebut tidak terlepas dari pertimbangan adanya pasien yang terpapar Virus Corona, karena baru melakukan perjalanan ke luar daerah pandemi virus melalui Bandara Sultan Iskandar Muda.

Menurut dia, penutupan sementara Bandara SIM untuk pesawat komersial merupakan salah satu upaya yang tepat dalam mengurangi penyebaran Virus Corona agar tidak menyebar luas di Provinsi Aceh.
Baca juga: Cegah COVID-19, Pemko Sabang hentikan operasional kapal cepat

Dia mengatakan memang selama ini pengiriman sampel dan juga distribusi barang digunakan melalui pesawat komersial, namun demikian perlu adanya pesawat khusus dalam penanganan kondisi ini.

“Kita berharap ada pesawat khusus nantinya yang dapat menangani pengiriman sampel terkait Virus Corona dan juga distribusi barang melalui pesawat khusus,” katanya pula.

Ia menambahkan selama ini informasi dari pengelola bandara jumlah penumpang juga turun drastis, menyusul penanganan penyebaran Virus Corona.

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Sumber: Antaranews.com

Topic:

Just For You