Pemerintah terus berupaya melindungi WNI di luar negeri

Jakarta (ANTARA) – Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menekankan selain menangani COVID-19 di dalam negeri, pemerintah pada saat yang sama juga terus memberikan perlindungan terhadap WNI di luar negeri.

“Selain menangani COVID-19 pada saat yang sama juga dilakukan perlindungan terhadap WNI yang berada di luar negeri terutama yang sedang melakukan perjalanan di luar,” kata Menlu dalam konferensi pers via video, seusai mendampingi Presiden Jokowi mengikuti KTT LB G20 secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis malam.

Menlu mengatakan dengan kebijakan yang diambil berbagai negara baik penghentian penerbangan, lockdown, hingga karantina, maka hal ini berdampak kepada WNI di luar negeri.

Baca juga: RI rekomendasikan lima konsep tangani COVID-19 di KTT Luar Biasa G20

Dia menyampaikan dari waktu ke waktu perwakilan Indonesia di luar negeri membantu para WNI semaksimal mungkin terutama WNI yang banyak menjadi ABK kapal.

“Sejauh ini lebih dari 1.600 kasus yang dihadapi WNI macam-macam sifatnya yang sudah diberikan bantuan oleh seluruh perwakilan kita di luar,” ujar Menlu.

Adapun terkait KTT Khusus G20 yang membahas COVID-19, Menlu menekankan bahwa para pemimpin global memiliki determinasi tinggi dari untuk melindungi hidup manusia serta upaya-upaya mengembalikan kepercayaan dan menjaga stabilitas keuangan serta menghidupkan kembali pertumbuhan.

Dalam KTT tersebut, Presiden Jokowi menekankan pentingnya kerja sama, soliditas dan sinergitas. Presiden juga menyampaikan pesan kuat bahwa seluruh bangsa harus memenangkan dua peperangan sekaligus yakni melawan COVID-19 dan melawan pelemahan ekonomi dunia saat ini.

Baca juga: Presiden Jokowi ikuti KTT LB G20 dari Istana Bogor

Baca juga: Menlu: KTT LB G20 bukti kepemimpinan global dalam tangani COVID-19

Baca juga: Raja Saudi ajak negara G20 bersatu lawan virus corona

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Sumber: Antaranews.com

Topic:

Just For You