5 Destinasi Wisata Menarik di Sampang, Alami dan Menyenangkan!

Sampang merupakan salah satu Kabupaten yang letaknya ada di Pulau Madura. Kota ini mungkin kurang populer di mata pecinta traveling. Padahal Sampang memiliki banyak sekali keindahan maupun pesona wisata yang tak kalah indah dan masih alami karena belum banyak terjamah.

Mau tahu destinasi wisata menarik apa saja yang ada di Sampang?

1. Air Terjun Toroan

Destinasi wisata pertama yang wajib kamu kunjungi di Sampang adalah Air Terjun Toroan yang letaknya hanya 5 kilometer dari Pantai Nepa dan Hutan Kera. Saking indahnya, air terjun ini disebut-sebut mirip dengan Air Terjun Jogan yang ada di Gunung Kidul.

Tapi tentu saja air terjun ini masih alami karena belum banyak terjamah oleh wisatawan. Namun, untuk menuju ke air terjun ini cukup mudah karena akses jalannya sudah bagus.

Untuk menikmati wisata ini belum dikenakan tarif masuk, hanya membayar biaya parkir Rp5000 untuk motor dan Rp10.000 untuk mobil. Karena masih sepi dan belum banyak pengunjung, air terjun ini bisa menjadi pilihan bagi kamu yang ingin menenangkan diri sejenak dari hiruk-pikuk kehidupan perkotaan.

2. Pantai Nepa

5 Destinasi Wisata Menarik di Sampang, Alami dan Menyenangkan!

Tak jauh dari Air Terjun Toroan, kamu bisa menemukan Pantai Nepa yang berada di Desa Batioh, Kecamatan Ketapang, Kabupaten Sampang. Pantai ini berada di lingkungan Hutan Kera sehingga selain bisa menikmati pantai yang masih indah dan alami, kamu pun bisa melihat serta berinteraksi dengan sekumpulan kera yang lucu.

Sama seperti destinasi wisata lain yang ada di Madura, pantai ini pun masih terbilang sepi dari pengunjung sehingga akan membuatmu merasa sedang berada di pantai pribadi. Udara dan lingkungannya pun masih bersih karena belum banyak tercemar.

Untuk menuju ke Pantai Nepa ini pun cukup mudah. Kamu bisa langsung melakukan perjalanan dari Bangkalan selama 1,5 jam. Atau jika kamu masih bingung, ada angkutan umum yang akan membawamu ke Sampang dan bisa langsung berhenti di Pantai Nepa. Ongkosnya pun murah yakni hanya Rp15.000.

3. Pulau Mandangin

5 Destinasi Wisata Menarik di Sampang, Alami dan Menyenangkan!

Ingin menikmati liburan di pulau pribadi tapi tak punya budget yang memadai? Pulau Mandangin ini bisa menjadi salah satu pilihan kamu lho. Di pulau yang masih sepi ini kamu bisa menikmati pantai dengan puas sendirian tanpa ada gangguan. Pulau ini dihuni oleh warga setempat yang berprofesi sebagai nelayan, namun karena populasinya tidak banyak maka pulau ini terlihat seperti pulau tak berpenghuni.

Untuk mencapai pulau ini kamu bisa menyewa perahu motor dengan harga Rp10.000 saja dari Pelabuhan Tanglok, Sampang. Karena masih terisolasi, pulau ini tidak memiliki jalanan beraspal, kendaraan bermotor, hingga hotel. Tapi kamu bisa menginap di home stay yang tersedia di perkampungan milik warga atau mendirikan tenda di pinggir pantai.

Pulau ini masih belum memiliki cara penanggulangan sampah yang benar. Maka bagi kamu yang berkunjung ke pulau ini jangan lupa untuk membawa pulang sampah yang kamu bawa agar keindahan dan keasrian pulau tersebut tetap terjaga. Pulau ini termasuk dalam salah satu pulau dengan kualitas oksigen terbaik di dunia lho!

4. Goa Lebar

5 Destinasi Wisata Menarik di Sampang, Alami dan Menyenangkan!

Bagi kamu yang baru pertama kali menginjakkan kaki di Sampang dan tidak ingin bepergian terlalu jauh, maka Goa Lebar ini bisa menjadi pilihan karena letaknya yang ada di tengah kota. Goa yang berada di Jalan Pahlawan, Kelurahan Rongtengah, Kecamatan Sampang ini memiliki lebar 200 meter dan kedalaman hingga 300 meter.

Selain bisa menjelajahi goa, kamu juga bisa duduk santai di gazebo yang disediakan oleh pengelola.

5. Waduk Klampis

5 Destinasi Wisata Menarik di Sampang, Alami dan Menyenangkan!

Jika bosan dengan pantai atau goa, maka kamu bisa mampir ke Dusun Kramat, Desa Komis, Kecamatan Kedungdung. Di sana kamu akan menemukan Waduk Klampis yang menawarkan pemandangan alam yang hijau dan segar di mata.

Meski akses jalannya agak sulit, tapi di sepanjang perjalanan kamu akan menemukan bentangan sawah hijau yang akan membuat lelahmu terbayar lunas.

Hampir semua destinasi wisata di Sampang masih alami karena belum banyak terjamah. Selain itu banyak wisata yang masih belum memasang tarif atau tiket masuk. Dan meskipun ada, itu pun tidak mahal. Kamu tertarik untuk ke Sampang?

Sumber: idntimes.com

Topic:

Just For You